Tuesday, March 8, 2016

#ERPT01B - Site 2

Kupas Tuntas Peranan Software ERP

Semakin maju teknologi, semakin terpacu juga pebisnis untuk mencari cara agar bisnis tetap bertahan dengan segala inovasi yang digelontorkan. Tentunya untuk mencapai inovasi diperlukan juga teknik pengelolaan bisnis terpadu dengan suatu sistem modern, sebut saja ERP. Dalam bahasa Inggris, ERP (Enterprise Resource Planning) berartiPerencanaan Sumber Daya Perusahaan. Sumber Daya yang seperti apa yang direncanakan? Apa kaitannya dengan pengelolaan bisnis? Bagaimana mekanisme kerjanya? Dan bagaimana cara memperoleh sistem itu? Di artikel ini kita akan mengupas tuntas ERP dan tentunya akan menemukan korelasi baik/ buruknya dengan investasi perusahaan Anda.
Lantas bagaimana sebenarnya bagian-bagian modular yang terdapat dalam sistem tersebut? Sebagian besar sistem back office ini dapat dibagi ke dalam 3 modul utama yakni modul akuntansi dan keuangan, modul operasional, dan modul sumber daya manusia. Perinciannya bisa diuraikan sebagai berikut:
  1. Modul Akuntansi dan Keuangan
    Modul ini digunakan untuk semua peristiwa dalam divisi keuangan (financial division) semisal pencatatan akuntansi secara umum, pengelolaan kas dan bank, perencanaan investasi perusahaan, analisis keuangan, dll.
  2. Modul Operasional
    Berdasarkan namanya, modul ini digunakan untuk semua aktivitas operasional perusahaan seperti pembelian, proses produksi, distribusi, pengelolaan persediaan,quality control, pengelolaan utang dan piutang, dll.
  3. Modul Sumber Daya Manusia
    Ia akan memudahkan Human Resource Department dalam mengendalikan SDM perusahaan sebab sistem mengakomodasi pencatatan payroll, pelatihan pengembangan kemampuan, dan sebagainya yang berkaitan dengan manajemen SDM.
Referensi : http://zahiraccounting.com/id/blog/kupas-tuntas-peranan-software-erp/

No comments:

Post a Comment