Friday, April 22, 2016

#ERPT07F-UTS Analisa Bisnis proses Transaksi/struk/nota

Tugas kali ini adalah menganalisa sebuah bisnis proses dan kekurangan sebuah sistem transaksi/struk/nota yang biasa kita dapat setelah transaksi pembayaran.

Contoh struk yang saya ambil untuk dianalisa adalah Struk KRL (Commuter Line)

Dari keterangn diatas :
1. Tercantum tanggal dan jam transaksi
2. Tercantum No. Kartu yang diberikan (series urutan)
3. Tercantum NIK dan Nama Petugas loket
4. Tercantum biaya/ongkos untuk sampai ke stasiun tujuan
5. Tercantum biaya jaminan kartu (resiko hilang oleh penumpang)
6. Tercantum total biaya/ongkos ditambah dengan biaya jaminan kartu

Kekurangan :
1. Posisi Nama petugas loket sebaiknya dicantumkan setelah NIK petugas.
2.Tidak dicantumkan asal stasiun dan stasiun tujuan, hanya mencantumkan biaya/ongkos COMMUTERLINE saja
3. Posisi Total sebaiknya berada setelah biaya COMMUTERLINE dan biaya Jaminan kartu (agar mudah dibaca)
4. Sebaiknya ada dicantumkan biaya COMMUTERLINE  untuk per-stasiun atau per-jarak Km untuk mempermudah penumpang memperkirakan ongkos yang harus dikeluarkan di transaksi selanjutnya.
5. Tidak ada tanggal kadaluarsa kartu.
6. Desain/layout struk kurang rapi dan menarik.

Sekian.

Semoga bermanfaat dan semoga pihak KRL dapat memperhatikan kekurangan struk yang selama ini digunakan untuk memudahkan penumpang.

No comments:

Post a Comment